Senin, 12 Mei 2008

PMI HARUS TINGKATKAN SEMANGAT RELA BERKORBAN MASYARAKAT

BENGKALIS – Selain tugas pokok, pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) juga dituntut agar dapat meningkatkan semangat rela berkorban masyarakat dan peka terhadap berbagai persoalan yang muncul.
Dalam kapasitasnya sebagai pelindung, hal itu disampaikan Bupati Bengkalis H Syamsurizal usai mengukuhkan pengurus PMI Cabang Bengkalis periode 2006-20011. Turut hadir dalam acara yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Kamis (22/3/2007) tersebut, diantaranya Wakil Ketua DPRD Bagus Santoso.
”Tugas pengurus PMI tidak hanya sekedar melakukan aktivtas yang berkaitan dengan kegiatan donor darah. Tetapi juga harus tampil di garda terdepan dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang memerlukannya. Pengurus PMI mesti aktif di berbagai kegiatan sosial lainnya,” katanya.
Dikatakan bupati, ada empat tugas pokok yang perlu dilakukan PMI. Diantaranya adalah melakukan pembinaan generasi muda, satuan penanggulangan bencana, pelayanan di Puskesmas dan melakukan transfusi darah.
"Satu-satunya organisasi yang memiliki legitimate untuk melakukan transfusi atau pendonoran darah adalah PMI,” kata Syamsurizal.
Kemudian, karena Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari beberapa kecamatan yang terletak di pulau yang satu sama lain berjauhan berjauhan, bupati berharap kepada pengurus PMI yang baru dilantik untuk dapat mendirikan bank darah di sejumlah kecamatan.
”Sehingga dengan cepat bisa memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang memerlukannya," harap Syamsurizal.
Sesuaik Keputusan Pengurus PMI Daerah Riau No 179/03/ORG/IX/2006, adapun pengurus PMI Cabang Bengkalis yang dikukuhkan tersebut, diantaranya H Usman Effendi (sebagai ketua), Ny Hj Fauziah Syamsurizal (Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Sumberdaya Manusia) dan H Ahmad Ramli (Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana).
Kemudian, Edi Setiawan (Wakil Ketua III Bidang Pelayanan Sosial, Kesehatan dan Transfusi Darah), H Ismail Mahyuddin (Sekretaris), Tarmizi (Wakil Sekretaris) dan Edi Sudarto (Bendahara). Sementara Amril Mukminin, Najamuddin, Hermizan, Syofyan Said, Nina Sukowati dan Maria U, sebagai anggota.
Adapun pejabat dari jajaran eksekutif yang hadir dalam acara pengukuhan tersebut, diantaranya Asisten I H Burhanuddin, Asisten III H Umran, Kepala Bappeda H Azwar ,serta Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana H Chairil Usman. Sedangkan dari PMI Daerah Riau, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Hj Rosmawati. ***

Tidak ada komentar: