Senin, 12 Mei 2008

PEJABAT STRUKTURAL HARUS JADI MANAGER HANDAL

BENGKALIS – Seluruh pejabat struktural harus benar-benar dapat menjadi seorang manajer yang baik dan handal di unit satuan kerja yang dipimpinnya. Seorang manajer yang baik dan handal itu, selain memiliki kemampuan, visi jauh ke depan, cerdas dan kreatif, juga mesti trampil, energik, konsisten dan tekun dalam bekerja, berorientasi pada tugas, bertanggung jawab, amanah, serta dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak secara baik.Demikian dikatakan Bupati H Syamsurizal, ketika melantik dan mengambil sumpah 7 pejabat eselon II, 17 eselon III dan 52 eselon IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Rabu (11/4/2007) itu, selain dihadiri Wakil Ketua DPRD Dewi Angraini, juga disaksikan unsur Muspida. Diantaranya, Kapolres Edi Setio Budi Santoso, Kajari Ersywo Zaimaru dan Ketua Pengadilan Negeri R Matras Supomo.Kemudian, hadir juga dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, Asisten I H Burhanuddin, Asisten II H Zakaria Yusuf, Kepala Bada Kepegawaian Daerah H Hermizon dan Kakandepag HA Rahman D serta sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Bengkalis lainnya.”Seorang pejabat struktural juga harus jujur serta mampu menjadi dan memberikan tauladan kepada yang dipimpinnya. Dan yang tidak kalah pentingnya, harus mampu menegakkan disiplin dan etos kerja seluruh staf di unit satuan kerjanya maing-masing,” tegas Syamsurizal.Sebagai pejabat struktural, kepada para mereka yang dilantik, bupati berharap agar dapat melaksanakan pengawasan dengan baik serta melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.“Jangan sampai ada pejabat struktural yang tidak mengetahui apa yang terjadi di unit kerjanya masing-masing. Tidak mengetahui dan memahami ketentuan peraturan yang ada. Disamping itu, harus memiliki kemauan dan terus berupaya meningkatkan kualitas diri, khususnya yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing,” katanya.Mengenai mutasi yang dilakukan itu, bupati mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa bagi seorang pegawai negeri sipil. Selain untuk mendapatkan figur manajer terbaik dan salah satu bentuk pembinaan kepegawaian, mutasi juga merupakan sebagai salah satu bentuk evaluasi terhadap kinerja yang dilakukan masing-masing pejabat.
"Dan tentunya, didasarkan atas masukan dan pertimbangan Baperjakat. Termasuk juga penilaian dari berbagai pihak. Misalnya input dari lembaga legislatif sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Jadi, bukan didasarkan atas like and dislike atau suka dan tidak suka. Tujuannya, semata-mata untuk lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Syamsurizal.Adapun pejabat eselon II yang dilantik bupati, yaitu H Wan Mukhtar sebagai Kadis Kimpraswil (jabatan sebelumnya Kepala Balitbang). Posisi yang ditinggalkan Wan Mukhtar ini diisi Suhendri yang sebelumnya menjabat Kadis Perhubungan. Selanjutnya, Kadis Perhubungan dijabat H Anwar Zainal yang sebelumnya sebagai Kadis Kimpraswil.Sedangkan H Arianto yang sebelumnya sebagai Kabag Tata Usaha Bappeda, dipercaya menggantikan posisi Asisten III yang ditinggalkan H Umran yang dilantik menjadi Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Pejabat eselon II lainnya yang dilantik diantaranya Kadis Kesejahteraan Sosial yang dipercayakan kepada TS Hamzah dan Kadis Kehutanan dan Perkebunan yang dijabat Wan Suhelmi B.Dijajaran eselon III, pejabat yang dimutasi diantaranya Kabag Perlengkapan Sekretariat Daerah Hermizan dan Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah TS Ilyas. Jabatan keduanya, masing-masing digantikan Fakhruddin dan Yunizar Utama Bakti.

Keterangan Foto:
Bupati H Syamsurizal memberikan ucapan selamat kepada para pejabat Eselon II, III dan IV di lingkup Pemkab Bengkalis usai acara pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Rabu (11/4/2007).

Tidak ada komentar: