Senin, 12 Mei 2008

LEMPUK DURIAN JADI MAKANAN FAVORIT DI ISTANA BOGOR



BOGOR – Dua makanan ringan khas Kabupaten Bengkalis -- lempuk durian dan berbagai aneka manisan -- menjadi makanan yang paling diminati para peserta yang hadir dalam acara Jamuan Coffee Morning yang diselenggarakan bersamaan dengan pameran hasil kerajinan dan kesenian daerah yang laksanakan Ria Pembangunan Republik Indonesia di Istana Bogor, Selasa (13/3/2007).
Dijelaskan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkalis, Ny Fauziah Siregar Syamsurizal, turut hadir dalam jamuan yang diikuti sekitar 400 peserta itu diantaranya Ibu negara yang juga Ketua Ria Pembangunan RI Ny Hj Ani Yudhoyono, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny Mufidah Kallah dan Ketua Dekranasda Riau Ny Hj Septina Primawati Rusli.
Selain itu juga sejumlah isteri para duta besar negara sahabat dan para menteri. Dalam jamuan itu, selain menikmati kelezatan lempuk durian dan manisan dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, para peserta umumnya juga langsung menanyakan secara detail bagaimana proses pembuatan kedua makanan ringan tersebut.
”Terutama lempuk durian. Tidak terkecuali para istri duta besar dan menteri yang hadir. Bahkan para isteri duta besar dan menteri ini yang paling banyak bertanya tentang bagaimana proses pembuatan lempuk durian,” kata isteri Bupati Bengkalis didampingi dua pengurus Dekranasda Bengkalis, yaitu Ny Hj Norma Rospian dan Ny Hj Ita Bustami.
Kata Ny Fauziah, ketertarikan para isteri duta besar dan menteri itu, disebabkan mereka hanya mengetahui bahwa lempuk yang paling lezat rasanya itu adalah lempuk durian dari Kabupaten Bengkalis. Dalam pameran tersebut, Dekranasda Bengkalis membawa beberapa jenis manisan. Seperti, manisan kulit jeruk, terung asam, buah cermai, buah renda dan pepaya.
“Alhamdulillah, keikutsertaan Dekranasda Bengkalis mendapat apresiasi yang sangat baik dari peserta jamuan. Manisan dan lempuk yang kita bawa, semuanya habis terjual. Hal ini tentunya merupakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis,” katanya.
Pameran itu hanya diikuti dua daerah, yaitu Provinsi Riau dan Kalimantan Tengah. "Dekranasda Bengkalis termasuk salah satu daerah yang dipercaya Dekranasda Riau untuk mewakili Provinsi Riau dalam kegiatan ini," jelasnya.
Lebih jauh, kata Ny Fauziah, dalam kegiatan yang juga merupakan ajang untuk promosi produk daerah itu, Dekranasda Bengkalis membawa puluhan paket manisan dan lempuk durian yang dibawa ke Istana Bogor untuk ikut dipamerkan. ”Semuanya habis terjual. Tak satupun yang dibawa pulang ke Bengkalis. Begitu pula dengan produk-produk lain hasil para pengerajinan dari daerah ini yang kita bawa ke Istana Bogor, Juga ludes terjual,” katanya dengan nada bangga. ***


Keterangan Foto:
Ketua Dekranasda Bengkalis Ny Hj Fauziah Syamsurizal bersalaman dengan Ketua Dekranas Pusat Ny Mufidah Kalla pada acara Jamuan Coffee Morning sekaligus pameran hasil kerajinan dan kesenian daerah di Istana Bogor, Selasa (13/3).

Tidak ada komentar: