Selasa, 13 Mei 2008

PEMUDA POTENSI PEMBANGUNAN YANG SANGAT BESAR

BENGKALIS – Pemuda merupakan potensi pembangunan yang sangat besar untuk memajukan daerah ini. Karena itu, wajar dan tidak berlebihan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menggantungkan harapan yang begitu besar kepada pemuda, khususnya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Atas dasar itu pulalah, Pemkab Bengkalis mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk menunjang program KNPI Bengkalis ke depan.
”Besarnya anggaran untuk DPD KNPI Bengkalis itu, bukan disebabkan kepintaran atau bagaimana mereka bisa merayu Pemkab Bengkalis agar mengalokasikan anggaran tersebut. Sama sekali tidak. Tapi dikarenakan Pemkab Bengkalis menyadari betul, jika pemuda memiliki potensi yang sangat besar untuk membangun daerah ini. Selain itu, disebabkan karena visi yang dibawa KNPI Bengkalis, sejalan dengan visi Pemkab Bengkalis dalam membangun daerah ini,” kata Bupati Bengkalis, H Syamsurizal pada acara pelantikan pengurus DPD KNPI Bengkalis di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Senin malam (20/4/2007).
Di bagian lain, bupati bergelar Sri Mahkota Sempurna Negeri ini mengatakan, pemuda ibarat sebagai tunas yang mampu mengayomi dan melindungi. Dari tunas itu selanjutnya akan tumbuh pohon menjadi pohon rindang yang bermanfaat dan mampu memberi keteduhan bagi lingkungan sekitarnya.
”Masih segar diingatan kita pidato Presiden RI Soekarno. Beliau mengatakan berikan kepadaku 10 orang pemuda, untuk aku guncang dunia. Sebuah keyakinan dan optimisme yang sangat besar dari seorang presiden kala itu. Yang jadi pertanyaan kita hari ini, bagaimana pemuda di negeri ini saat ini, mampukah kalian menguncang dunia?," tanya bupati yang dikenal memang akrab dengan pemuda ini.
Bupati kembali mengingatkan bahwa pemuda adalah tiang bangsa. Untuk itu, katanya, visi dan program yang buat KNPI Bengkalis harus jauh dan jauh ke depan. Kemudian KNPI Bengkalis juga diharapkan mampu menjawab persoalan yang terjadi saat ini. Seperti masalah pengangguran, pendidikan dan ekonomi.
Pemuda harus siap pakai, ahli, terdidik dan berwawasan luas. Pemuda harus mampu mengatasi isu stratgis yang berkembang di tanah air saat ini, terutama soal pengangguran serta pendidikan. Yang banyak menganggur itu adalah pemuda yang disebabkan, karena mereka tidak mempunyai pendidikan yang baik.
”Untuk itu, KNPI Bengkalis harus menyusun program dengan baik. Terutama program tentang penguatan ekonomi masyarakat. Semua itu bisa terwujud jika pemuda itu sendiri berpendidikan dan mempunyai visi jauh ke depan," katanya.
Pernyataan bupati soal besarnya anggaran untuk KNPI Bengkalis itu, merupakan klarifikasi 'sindiran' yang disampaikan Ketua KNPI Propinsi Riau, Edwin Syarif. Saat memberikan sambutan, kata Edwin mengatakan, sejumlah pengurus DPD KNPI di Provinsi Riau, banyak yang mengeluh karena sedikitnya anggaran yang diberikan pemerintah daerah masing-masing. Besar kecilnya anggaran yang diberikan, katanya, sangat tergantung pandai tidaknya pengurus merayu pemerintah daerah.
Selanjutnya, Edwin mengatakan, yang paling penting ke depan adalah bagaimana KNPI Bengkalis bisa menyusun program kerja dengan baik dan bisa diimpelentasikan. Bukan membesar-besarkan acara pelantikan saja, setelah itu tidak ada kerja yang diperbuat.
”Biasanya, pemuda hanya hangat-hangat di awal saja, setelah di pertengahan ngos-ngosan, kehabisan tenaga. Saya tidak ingin KNPI Bengkalis seperti itu. Terlebih setelah saya melihat DPD KNPI Bengkalis mendapat dukungan penuh dari Pemkab Bengkalis,” tegas Edwin.
Dikatakan Edwin, dari seluruh DPD KNPI se-Indonesia, mungkin KNPI Bengkalis ini yang mendapatkan anggaran yang begitu besar. Ini sangat-sangat luar biasa. Padukan kepercayaan yang diberikan dengan program kerja yang benar-benar mantap, sehingga anggaran yang diberikan bisa memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat, khususnya pemuda," harapnya.
Sementara itu, Ketua DPD KNPI Bengkalis terpilih, Indra Gunawan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Bengkalis yang telah mendukung organisasi yang dipimpinnya itu.
Ke depan, kata Eet begitu sehari-hari Indra akrab dipanggil, KNPI Bengkalis akan menyusun program yang dapat disatupadukan dengan program Pemkab Bengkalis, sehingga sejalan dan lebih mengena. ”Terima kasih atas dukungan yang diberikan. Insya Allah ke depan saya akan membawa KNPI Bengkalis ini ke arah yang lebih baik," janjinya.
Adapun pengurus DPD KNPI Bengkalis yang turut dilantik Ketua DPP KNPI Riau malam itu, diantaranya, Sekretaris Abdul Vattah, Bendahara Zulfahmi ST, serta puluhan pengurus yang duduk di sejumlah komisi. ***

Keterangan Foto:
Bupati H Syamurizal bersama Ketua Kwarcab Pramuka Bengkalis H Riza Pahlefi, menuliskan pesan dan kesan kepada Regu Penggalan Kecamatan Tebing Tinggi saat meninjau perkemahan peserta Lomba Tingkat III Regu Penggalang Pramuka usai acara pembukaan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa II Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis.

Tidak ada komentar: