Senin, 12 Mei 2008

KOMISARIS HARUS PAHAMI FUNGSI MANAJEMEN

BENGKALIS – Bupati Bengkalis H Syamsurizal mengatakan, Dewan Komisaris merupakan jabatan strategis dalam sebuah perusahaan, Karena itu harus betul-betul dapat menjalankan fungsi manajemen dengan baik. Sebab, fungsi manajemen tersebut sangat penting dalam menggerakan dan memajukan perusahaan.
Diwakili Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, hal itu dikatakan Bupati Bengkalis H Syamsurizal, ketika melantik Dewan Komisaris BUMD PT Bumi Laksamana Jaya (PT BLJ) periode 2006-2011. Pelantikan yang dilakukan Jum’at (30/3) itu, dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut.
Adapun Dewan Komisaris yang dilantik bupati, adalah H Landung Abdullah sebagai Komisaris Utama serta Muhammad Milchan dan Tengku Hasnun selaku anggota. Ketiganya menggantikan Dewan Komisaris periode sebelumnya, yaitu H Hasraf Saily, HM Yusuf dan Masyansyah Oemar.
Dikatakan bupati, apabila fungsi-fungsi manajemen itu dapat dilaksanakan secara baik, hal itu akan memberikan pengaruh besar bagi terwujudnya tujuan PT BLJ. Sebaliknya, apabila fungsi itu tidak dapat dilaksanakan dengan baik, maka hasil dan daya guna PT BLJ sulit dicapai.
Untuk itu, kepada ketiga dewan komisaris yang dilantik tersebut, bupati minta agar dapat mempelajari secara lebih mendalam, memahami dan mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan tugasnya. “Karena, jajaran dewan komisaris mempunyai tugas dan kewenangan yang cukup berat,” katanya.
Adapun tugas dimaksud, antara lain, melakukan pengawasan terhadap kebijakan direksi dalam pengelolaan manajemen perusahaan, serta memberikan pengarahan-pengarahan tertulis kepada direksi agar perusahaan berjalan dengan baik.
Selain itu, kepada ketiganya, bupati juga minta agar benar-benar dapat memantapkan program-program perusahaan ke depan. ”Sehingga, tugas dan tanggungjawab PT BLJ sebagai perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Bengkalis, bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan visi dan misi perusahaan,” kata Syamsurizal.
Sebelum dilantik sebagai Dewan Komisaris PT BLJ, Landung pernah menjabat sebagai Kabag Kesra Sekretariat Daerah Bengkalis serta sebagai salah satu direktur di PT BLJ.
Sama seperti Landung, sebelum dilantik menjadi anggota Dewan Komisaris periode 2006-2011, Hasnun juga merupakan salah seorang direktur PT BLJ. Sedangkan Milchan, dalam keseharian menjabat sebagai Direktur Politeknik Bengkalis.
Turut hadir dalam pelantikan Dewan Komisaris tersebut diantaranya, Kepala BKD H Hermizon, Kepala Badan Kesbang Linmas dan Infokom H Mukhlis, serta Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Investasi H Andre Sukarmen. ***

Keterangan Foto:
Pelabuhan bertaraf internasional Bandar Sri Laksamana Bengkalis yang terdapat di Kota Bengkalis, merupakan salah satu aset Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang dikelola PT Bumi Laksamana Jaya.

Tidak ada komentar: