Rabu, 21 Mei 2008

BUDAYAKAN GEMAR MEMBACA DALAM KELUARGA

Keterangan Foto:
Bupati H Syamsurizal bersama Prof Dr Subur Budhi Santoso dan Wakil Ketua DPRD Bagus Santoso menggunting pita ketika membuka pameran buku yang diselenggarakan Persatuan Alumni Yokyakarta, Senin (19/5/2008).


BENGKALIS – Bupati Bengkalis H Syamsurizal mengajak para orang tua di daerah ini untuk menjadikan gemar membaca sebagai budaya di dalam keluarga. Menjadikan buku sebagai sahabat utama dan pertama anak-anak di rumah. Sejak dini anak-anak diperkenalkan dengan berbagai jenis bahan bacaan.
Ajakan itu disampaikan bupati bergelar Sri Mahkota Sempurna Negeri ini ketika temui saat meninjau pameran buku, Senin (19/5/2008). Pameran yang digelar Persatuan Alumni Yokyakarta (PAY) itu, dilaksanakan di halaman parkir kompleks pasar buah dekat Sungai Bengkel Bengkalis.
Turut mendampingi bupati meninjau pameran yang dibuka secara resmi oleh anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Prof Dr Subur Budi Santoso itu, diantaranya Wakil Ketua DPRD Bengkalis Bagus Santoso dan Kabag Humas Johansyah Syafri.
Dikatakan Syamsurizal, buku merupakan salah satu gudang ilmu dan membaca adalah kunci untuk dapat memanfaatkan isi yang ada di dalammnya. ”Seseorang tidak akan serta merta menjadi gemar membaca bila sejak kecil kebiasaan untuk itu tidak dibudayakan,” katanya, memberikan perumpamaan.
Kata Syamsurizal lagi, buku adalah sebaik-baik teman dalam kesendirian. Buku merupakan bejana yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Tidak ada pohon yang umurnya lebih panjang dan buahnya lebih baik serta gampang dipetik dibandingkan buku. ”Buku adalah pengasah otak” katanya
Dikatakan Syamsurizal, di tengah kemajuan ilmu pengetahuan yang kian kompetitif dan berkemban sangat cepat dewasa ini d, persaingan semakin ketat. Hanya orang-orang yang memiliki pengetahuan dan menguasai teknologi serta dapat mengikuti perkembangan tersebut dengan baik yang dapat memang kompetisi itu.
”Salah satu upaya agar dapat menguasainya serta bisa mengikuti perkembangan dimaksud, dengan banyak membaca. Entah itu buku, koran, majalah atau bahan bacaan lainnya yang bermanfaat. Termasuk juga melalui internet,” katanya.
Dikatakan Syamsurizal, gemar membaca itu mempunyai kenikmatan tersendiri dalam jiwa. Mermbaca merupakan hidangan bagi akal, ilmu dan ruh. Dengan membaca seseorang dapat merasa bersatu dengan berbagai zaman dan tempat.
”Membaca merupakan mata air yang jernih, karena merupakan pengalaman yang teruji coba, yang mengguyurkan petunjuk dan penjelasan, nasihat, bimbingan dan pengetahuan,” kata Syamsurizal, berpetuah.
Selain meninjau sejumlah stan pameran, bersama Subur dan Bagus, Syamsurizal juga menyerahkan sejumlah buku untuk menyukseskan gerakan hibah sejuta buku yang dilaksanakan PAY selama pameran berlangsung. ***

Tidak ada komentar: